Indikator
  • Undercontruction

Sering Belanja Online? Ini Lho Bahayanya untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Sering Belanja Online? Ini Lho Bahayanya untuk Kesehatan
Sering Belanja Online? Ini Lho Bahayanya untuk Kesehatan ILUSTRASI - Belanja Online (FOTO: Adelia Edukasi)

KENDARITIMES, JAKARTABelanja online sering menjadi pilihan karena kemudahan yang ditawarkan. Tanpa harus mendatangi toko atau outlet, kita bisa membeli barang-barang yang diinginkan dengan menggunakan gawai. Meski menawarkan banyak kemudahan, ternyata ada juga dampak buruk belanja online untuk kesehatan.

Menurut Chartered Society of Physiotherapy, seperti yang dilansir dari Dokter Sehat, kebiasaan belanja online dapat melemahkan otot-otot di dalam tubuh. Padahal semakin bertambahnya usia, penguatan otot diperlukan agar tubuh tetap sehat. Belanja online menawarkan kenyamanan yang membuat seseorang tidak banyak melakukan gerakan tubuh.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap lebih dari 2.000 orang, Chartered Society of Physiotherapy menemukan 24 persen dari mereka yang berusia 65 tahun ke atas mengakui bahwa mereka tidak melakukan kegiatan penguatan otot sama sekali setiap minggunya. Kondisi ini membuat para lansia memiliki risiko peningkatan untuk terjatuh dan masalah kesehatan lain.

"Belanja online mungkin sangat mudah tetapi itu membuat kita kehilangan beberapa metode yang dulu ada untuk memperkuat otot-otot kita. Kita juga menunggu di rumah untuk barang-barang yang akan dikirim. Di masa lalu kita akan pergi keluar untuk membelinya,” kata Profesor Karen Middleton, chief executive dari Chartered Society of Physiotherapy.

Untuk menghindari dampak buruk belanja online, ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali kebutuhan utama dan mengecek apakah barang tersebut mudah didapatkan di sekitar rumah Anda. Jika memang barang tersebut ada di sekitar tempat tinggal dan merupakan kebutuhan utama, hindari untuk belanja online(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com