Indikator
  • Undercontruction

Musim Kemarau Datang, Waspadai Gejala Heatstroke

Home / Kesehatan / Musim Kemarau Datang, Waspadai Gejala Heatstroke
Musim Kemarau Datang, Waspadai Gejala Heatstroke ILUSTRASI - Gejala heat stroke (FOTO: Wisegeek)

KENDARITIMES, JAKARTA – Heatstroke atau sengatan panas cukup sering terjadi khususnya saat musim kemarau. Secara umum, heatstroke datang secara bertahap dan memengaruhi pengaturan suhu tubuh. Dilansir dari laman Prevention, berikut ini adalah gejala heatstroke yang perlu Anda waspadai.

1. Suhu tubuh tinggi
Jika suhu tubuh Anda mencapai 40 derajat Celcius, heatstroke dapat mengancam. Jika Anda mengukur suhu tubuh Anda atau seseorang dan mendapati suhu tubuh di bawah 40 derajat Celcius namun menunjukkan ciri terkena heatstroke, segera lakukan upaya pendinginan. Langkah terbaik, segera cari bantuan medis.

2. Tubuh berhenti berkeringat
Ketika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan atau di tempat yang sangat panas, tubuh bisa saja berhenti mempertahankan suhu. Tubuh jadi berhenti mengeluarkan keringat. Namun, di sisi lain sengatan panas yang tidak umum justru membuat keringat mengalir deras. Anda harus waspada jika respons keringat Anda berhenti atau justru mengucur terlalu deras.

3. Gangguan kognitif
Serangan panas dapat menyerang saraf dan menyebabkan gangguan kognitif, yang meliputi kurangnya koordinasi, kebingungan, agresi, atau ketidakmampuan untuk berjalan. Hal ini juga bisa berdampak pada terjadinya sakit kepala.

4. Mual dan muntah
Saat Anda berkeringat, tubuh menjadi makin dehidrasi. Panas akan mulai memengaruhi berbagai organ tubuh. Akibatnya terjadi perburukan kondisi seperti terjadinya  pusing, pingsan, mual, serta muntah.

5. Kulit kemerahan
Dalam kasus heatstroke tradisional, saat beraktivitas tubuh akan mendinginkan dirinya sendiri. Tubuh akan mengarahkan aliran darah ke kulit dan membuatnya tampak merah. Kulit Anda juga mungkin terasa kering, tergantung pada tingkatan heatstroke yang dialami.

Waspada gejala heatstroke di musim kemarau dengan memahami gejalanya, karena jika penanganannya terlambat bisa berakibat fatal. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com