Enam Tips Ini Bantu Kamu Hindari Salah Jurusan Studi

Home / Berita / Enam Tips Ini Bantu Kamu Hindari Salah Jurusan Studi
Enam Tips Ini Bantu Kamu Hindari Salah Jurusan Studi Ilustrasi - suasana perpustakaan kampus (Foto: pinterest)

TIMESKENDARI, JAKARTA – Selain bisa memberikan tekanan tersendiri bagi mahasiswa, salah jurusan studi ternyata juga bisa menjadi salah satu alasan kegagalan dalam menyelesaikan pendidikan. Banyak faktor yang harus dipelajari agar menghindarkanmu dari salah jurusan. Apa saja? Berikut tips agar terhindar dari salah jurusan.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari salah jurusan adalah dengan membuat daftar pilihan jurusan yang diminati kemudian mencari kekurangan dan kelebihannya dari masing-masing jurusan.

"Ini penting, jadi yang harus dilakukan adalah menganalisa pilihan yang nantinya dijadikan pertimbangan dalam memilih. Masing-masing jurusan ada plus dan minusnya sesuai dengan pandangan masing-masing," ungkap Dosen Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang, Dellawaty Supraba, SPsi, MSi kepada TIMES Indonesia.

Dorongan untuk memilih jurusan tidak lepas dari 'value' yang ada dalam diri. Hal tersebut memberikan ekspektasi tersendiri terhadap jurusan yang dipilih.

"Selain itu juga harus diperhatikan faktor dari dalam diri. Apa 'value' yang kita punya, berkaitankah dengan jurusan yang dipilih, di mana letak kelebihan diri kita itu yang memang harus dipertimbangkan," imbuhnya.

Pertimbangan ketiga dalam memilih jurusan adalah berkaitan dengan hasrat pribadi. "Ibaratkan kita punya tujuan, mau lewat jalan mana? Demikian juga dengan jurusan, apa itu mendukung untuk mewujudkan keinginan kita nantinya?," ujar perempuan lulusan S2 Universitas Airlangga Surabaya ini.

Pentingnya wawasan perihal jurusan yang akan dipilih adalah sebuah keharusan, terutama berkaitan dengan prospek dan peluang kerja kedepan.

"Prospek jurusan kuliah terhadap peluang di dunia kerja itu dinamis, tidak bisa dibandingkan dengan masa lalu. Hal inilah yang membuat wawasan bagaimana prospek kedepan sangat penting," paparnya.

Di lain sisi, hal mendasar yang harus dilakukan adalah berkomunikasi secara intens dengan orang tua agar tidak salah jurusan. Bisa jadi orang tua memiliki saran yang harus didengarkan.

"Komunikasi dengan orang tua adalah hal yang mendasar dalam memilih jurusan. Bagaimanapun kehendak dari orang tua harus diperhatikan," jelasnya mengakhiri tips agar calon mahasiswa tidak salah jurusan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com