Social Distancing, Suntuk di Rumah? Yuk...Baca Novel

Home / Gaya Hidup / Social Distancing, Suntuk di Rumah? Yuk...Baca Novel
Social Distancing, Suntuk di Rumah? Yuk...Baca Novel Dini ajak baca buku untuk bunuh rasa suntuk di rumah (foto : istimewa)
Fokus Berita

TIMESKENDARI, MALANG – Hari - hari terasa begitu panjang ketika di rumah. Ya, itulah yang dirasakan oleh sebagian orang ketika harus mengikuti kebijakan social distancing. Memang, menjauhi kerumunan dan mendekam di rumah sangat ampuh memutus rantai virus Corona atau Covid-19. Tapi, rasa suntuk juga sangat menyebalkan! Kalau begitu, kenapa tidak mencoba membaca novel?

Dinie Shandy, book reviewer sekaligus influencer bagikan alasan membaca novel sangat menyenangkan dilakukan ketika suntuk di rumah. 

“Mungkin baca novel terkesan buang waktu karena bukan buku ilmu pengetahuan. Tapi, sebenarnya baca novel tuh bikin kita sadar kalau kita bisa menemukan dunia baru dengan wawasan dan ilmu pengetahuan baru yang dikemas lebih asyik dan mudah kita terima,” ujarnya (27/3/2020).

Salah satunya, membaca buku filsafat yang bagi orang awam mungkin menjenuhkan. Tapi, ketika dikemas dalam bentuk novel, tentu bisa lebih mudah menangkap maksudnya. Karena penulis novel biasanya menceritakan tema tertentu, khususnya yang berhubungan dengan ilmu seperti filsafat atau sejarah, pasti dengan contoh kejadian langsung dari seorang tokoh.

“Tapi, balik lagi... Baca buku nggak perlu dipaksain dari buku tema berat atau yang nggak sesuai dengan minat kita,” lanjut perempuan berambut panjang ini.

Dirinya melanjutkan, untuk jatuh cinta pada buku, bisa dimulai dengan membaca buku yang bikin tertarik. 

“Nggak harus novel berat. Kamu bisa mulai dari novel atau cerpen santai,” papar perintis TBM Dunia Baca ini.

Baca buku juga tidak perlu dipaksa kapan harus selesai dalam waktu tertentu.Yang penting adalah menyesuaikan dan konsisten.

“Dan ada perkembangan dari hari ke hari. Misal hari pertama baca selembar, hari kedua dua lembar, hingga bisa jadi lupa diri dan sadar - sadar sehari bisa seratus lembar,” jelasnya. Jadi, yuk coba membaca novel untuk membunuh suntuk ketika social distancing! (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com