Getas, Si Legit Manis Sajian Istimewa Saat Lebaran

Home / Gaya Hidup / Getas, Si Legit Manis Sajian Istimewa Saat Lebaran
Getas, Si Legit Manis Sajian Istimewa Saat Lebaran Si Legit Manis, Getas bisa menjadi pilihan sajian saat lebaran nanti. (Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA) 
Fokus Berita

TIMESKENDARI, BATULebaran di rumah saja tahun ini bisa menjadi lebih istimewa karena sajian kue lebaran yang tepat. Sambil bercengkrama dengan keluarga, Anda bisa menikmati kelezatan Si Legit Manis, Getas

Ya, jajanan yang berasal dari Jawa Tengah inii menjadi salah satu suguhan pilihan saat Lebaran tiba. Selain rasanya yang khas, isi kue yang lembut dan luarnya yang terasa renyah memberikan sensasi tersendiri saat menghabiskan lebaran bersama keluarga. 

Rasanya semakin enak karena di bagian luar jajanan tradisional ini dibalur dengan gula halus. Cocok disantap sambil menyeruput kopi atau teh hangat sambil stay at home.

Getas-b.jpg

Jajanan tradisional yang satu ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Kue Getas terbuat dari ketan putih atau hitam. Di Jakarta, jajanan ini disebut Gemblong, meskipun sebenarnya antara Getas dan Gemblong tetap saja beda, karena bahan dan proses masaknya yang beda. 

“Kalau beli jajanan pabrikan, jarang disentuh oleh anak-anak, karena itu saya lebih suka jajanan tradisional yang pasti habis. Sudah beberapa lebaran saya sengaja memesan getas, tidak beli jajanan kalengan,” ujar Sri Rahayu, warga Kelurahan Sisir.

Selain harganya yang murah, jajanan tradisional ini selalu ada, sehingga sewaktu-waktu membelinya jajanan ini selalu ada.

Terkadang jika memiliki waktu yang longgar, menurut wanita yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ini menyempatkan diri membuat sendiri Getas khusus untuk lebaran. “Mudah kok buatnya, saya diajarin orang tua cara membuatnya,” katanya.

Menurutnya Getas terbuat dari ketan putih atau ketan hitam dicampur dengan tepung beras, kepala parut dan garam. 

“Nanti kita tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata dan diuleni (melumatkan adonan pengananan dengan menggunakan tangan) sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk,” katanya.

Adonan yang sudah disiap kemudian dibentuk sesuai selera, kemudian digoreng sampai warnanya kuning keemasan kemudian diangkat dan ditiriskan. Selanjutnya tinggal menyiapkan besta. 

“Besta itu melumuri Getas dengan gula leleh. Prosesnya gula dimasak dengan sedikit air sampai mengental, kemudian kita masukkan getas, kita aduk dengan api kecil sampai gula mengering, selanjutnya kita angkat dan sajikan,” katanya. 

Momen lebaran sambil menikmati Si Legit Manis, Getas akan menjadi momen yang tak terlupakan bersama keluarga. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com